Bersepeda

Wah, sudah hampir sebulan saya bersepeda (“Yuhuu, sepeda baru!” kata AK). Ya, memang berbeda rasanya berjalan kaki ke kampus dengan bersepeda ke kampus. Mudah-mudahan tidak sugesti atau eforia saja, badan ini rasanya lebih fit sekarang.

Minggu pertama setiap turun dari sepeda sepeda, wuaaah badan keringatan sekali, pantat sakit, kaki seperti melayang ketika berjalan–bahkan sempat kaki pegal seperti rasa pegal masa kecil karena suka berlari-lari mengejar layangan. Selain itu, segelas air wajib ditegak setiba saya di kampus.

Diamante XT

Nah, baru saja seminggu bersepeda, Ramadan tiba. Saya khawatir juga–apa sanggup saya bersepeda ke kampus padahal sedang puasa? Alhamdulillah, hingga tadi pagi, saya masih sanggup bersepeda ke kampus (“Alhamdulillah,” AK mengucap hamdalah)

Oiya, ada hal lain yang juga saya pelajari dalam bersepeda: bergowes sambil berbagi jalan dengan motor dan mobil serta menyebrang jalan bersama pejalan kaki. Ya, kita bersepeda di jalan raya berarti kita mesti paham bagaimana kita menempatkan diri di jalanan. (“Lantas bagaimana?” tanya AK).

Saya bersepeda selalu berjalan di lajur kiri. Ini penting karena di banding motor dan mobil, kecepatan sepeda paling rendah. Nah, apabila ingin pindah jalur, saya turun dari sepeda lalu menyebrang jalan dengan sepeda dituntun. Sangat berbahaya, saudara, pindah jalur di jalan raya. (“Kenapa?” tanya AK, lagi). Setidaknya ada dua hal: laju sepeda yang relatif lambat, tidak ada lampu sign dan tidak ada spion (“Itu tiga hal, saudara,” komentar AK).

Oiya, saya juga memiliki dua lampu senter yg menemani saya persepeda saat malam hari. Satu lampu senter dengan cahaya merah yang saya gantung di tas sebelah belakang-kanan dan satu lampu senter dengan cahaya putih yang saya ikat di lengan kanan. Yang di belakang sebagai penanda agar saya tidak ditubruk dari belakang. Sementara yang depan agar tidak ditubruk dari depan. (“Gitu saja?” AK heran). Ya, itu saja.

Leave a Reply

