Carens-ku Dingin Lagi

Alhamdulillah. Hari Sabtu di bulan Puasa yang baik. Begini ceritanya:

Jadi, sudah lama AC mobilku, KIA Carens 1, gak dingin kalo siang apalagi macet-macetan. Dulu, permasalahan si Carens ini yang terkait AC rada banyak, misalnya: Aliran air radiator gak normal karena thermostat macet; temperature mesin panas karena kipas mesin gak nyala akibat soketnya (alkisah, mobil ini sempat sampe kering air di radiatornya dan panggil montir ke rumah segala. Eh, rupanya soket kipasnya doang. Sekarang saya ikat pakai cable ties supaya mantab koneksinya. Sekarang jalan lagi tanpa problem serupa); dan hmm… Apalagi, ya. Continue reading “Carens-ku Dingin Lagi”

Advertisements

Memperbaiki Handle Pintu Carens

Baru-baru ini saya memperbaiki handle pintu kanan belakang mobil Carens 1 saya yang patah. Yang patah adalah bagian dalamnya. Akibatnya, pintu tidak bisa dibuka dari luar.

Setelah googling dan membaca pengalaman kawan-kawan di group FB, saya percaya diri membongkar door trim pintu untuk memperbaiki handle pintu sendiri. Selain modal percaya diri, modal lain yang dibutuhkan adalah obeng kembang, obeng minus (yang ujungnya dilapisi isolasi atau apapun agar lembut), bor dan kawat serta lem–tapi saya tidak menggunakan lem, sih πŸ™‚

Melepaskan Door trim
Agar door trim dapat dilepaskan, ada tiga (3) baut yang harus dibuka. Posisi ketiga baut tersebut yaitu handle pintu sebelah dalam (tertutup plastik penutup baut), “mangkuk” atau bagian pintu yang biasa kita pegang untuk menutup pintu dan pojok pintu sebelah bawah.

Setelah ketiga baut itu berhasil dilepas, door trim dicongkel pelan-pelan dengan obeng minus. Tadaaa… Terlepas, deh, door trim-nya. Lanutkan dengan melepas soket konektor electric windownya. Oiya, pada saat baut pertama sudah terlepas, ada bagian handle pintu yang perlu dicopot terlebih dulu, selain tutup baut tentunya. Selain itu pula, pastikan semua bagian2 yang dicopot tadi diletakkan (dalam bahasa Indoneisa, bukan bahasa Sunda hehe..) pada tempat yang aman dan tentram (lho..).

Melepaskan Handle Pintu
Tahan sebentar hasrat menggebu Anda untuk segera melepas handpe pintu karena ada yang harus lebih dulu dilepas. Pertama, buka tiga (3) baut kunci dan, kedua, lepaskan plastik cukup sekitar handle pintu sebelah luar. Nah, setelah kedua hal tadi dilakukan, Anda akan melihat 2 baut pengikat handle pintu. Bukalah keuda baut tersebut dan terlepaslah handle pintunya.

Perbaikan Handle Pintu
Bagian ini saya bahas singkat saja. Why? Setelah Anda melihat bagian yang patah, Anda akan tahu sendiri bagian mana yang harus dilem dan kemudian diperkuat dengan cara “dijahit” dengan kawat. Lho, bornya untuk apa? Bor untuk membuat lubang “jahitan”-nya.

Nah, setelah operasi handle pintu selesai dilakukan, silakan dipasang kembali hingga rapih seperti semula πŸ™‚

Kuras Oli Matic Mobil?

Tulisan ini bersumber dari komen saya di sebuah group FB, tentu dengan perbaikan dengan tanpa mengganti maksudnya. Yuk, kita simak πŸ™‚

Berdasarkan diskusi di forum ini:

http://community.cartalk.com/discussion/2140105/transmission-flush

tampaknya cara mengganti automatic transmission fluid (atf) atau oli transmisi automatic/ matic mobil paling aman adalah dikeluarkan lewat oil pan dan menyedotnya lewat dipstick lalu mengisi oli matic yang baru lewat dipstick. Selain itu pula, filter oli maticnya perlu dicek dan diganti secara periodik. Jadi, dengan cara ini memang tidak semua oli dikeluarkan seperti halnya dengan cara kuras/ flushing oli matic.

Menurut diskusi di sana, flushing/ kuras tidak direkomendasikan, kecuali filter oli maticnya baru. Hal ini karena, dengan cara kuras, kalau filternya tidak baru, serbuk-serbuk besi yg ada di filter tersebut berpotensi untuk tertarik kembali ke transmisi. Tentu saja, keadaan ini dapat berakibat fatal.